7 Istilah Yang Wajib Diketahui Jika Kamu Ingin Menjadi Hacker


Dunia hacking memang sangat memikat banyak pencinta teknologi untuk mengikuti perkembangannya. Namun banyak orang di dunia ini  yang mengaku ngaku sebagai hacker supaya tampak keren!

Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali istilah - istilah dalam dunia hacking yang masih tidak kamu menggerti. Berikut kami akan berikan 7 istilah penting dalam dunia hacking

1. DDOS

DDOS ( Distributed Denial Of Service ) adalah jenis serangan yang dilakukan oleh hacker terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

2. Exploit

Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan_komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer tujuan. Bisa juga dikatakan sebuah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan.

3. SQL Injection

SQL injection adalah jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. SQL injection yaitu serangan yang mirip dengan serangan XSS dalam bahwa penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan Common dalam serangan XSS.

4. Keylogger

Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer. Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya.

5. Dark Web



Dark Web adalah istilah umum untuk suatu sudut dari web di mana orang dapat berinteraksi secara online tanpa khawatir terhadap pengawasan pemerintah. Biasanya, situs-situs yang berada di dark web tersebut dijaga oleh mekanisme enkripsi seperti TOR yang memungkinkan pengguna untuk mengunjungi situs secara anonim

6. Deface

Deface adalah Aktifitas yang mengotori, “menodai”, merubah inti dari isi halaman suatu website dengan tulisan, gambar, ataupun link yang membuat suatu link menjadi melenceng dari perintah yang kita buat

7. Sniffing

Sniffing adalah tindakan penyadapan yang dilakukan dalam jaringan dengan tujuan untuk dapat mencuri data-data pribadi ataupun account lain yang bersifat pribadi.

Itulah 7 istilah  yang harus kamu ketahui jika kamu berniat ingin ikut bergabung dalam dunia hacking. Lalu gimana apa kamu tertarik untuk ikut dalam dunia hacking ? 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.