Canggih kamera smartphone bakal bisa menampilkan komposisi kimia pada objek gambar

Kecanggihan kamera kini sudah semakin maju, terlebih kamera untuk smartphone. Tak hanya bisa menampilkan kualitas gambar yang tak kalau dibandingkan dengan kamera pocket atau SLR, teknologi kamera saat ini juga bisa menampilkan komposisi kimia dari objek yang tengah dibidik.
Teknologi kamera seperti itupun kini tengah dikembangkan oleh para peneliti yang berasal dari Universitas Tel Aviv, Israel. Mereka pun menyebut teknologi kamera ini dengan nama compact hyperspectral imaging camera.
kamera spektral
Untuk bisa menampilkan komposisi kimia objek yang dibidiknya, kamera ini terlebih dulu melakukan scanning cahaya spektral terhadap objek. Cahaya spektral tersebut tentu saja tak bisa dilihat oleh mata telanjang. Dan dengan adanya scanning menggunakan cahaya spektral tersebut, maka kamera pun bisa memperoleh informasi bahan-bahan yang ada pada objek.
Teknologi seperti ini bukanlah sebuah pencapaian baru. Sebelumnya, teknologi serupa sudah ada namun dalam bentuk kamera yang lebih besar. Namun tim yang dipimpin oleh Prof. David Mendlovic ini bermaksud untuk menghadirkan teknologi tersebut pada bentuk kamera yang lebih kecil. Sehingga memungkinkannya untuk bisa dipakai pada sebuah smartphone.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.