cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat android

Smartphone sekarang sudah menjadi barang yang sangat populer bagi masyarakat tapi ada kalanya penggunaan smartphone mengalami masalah seperti saat mau mengunduh aplikasi Instagram tiba tiba muncul notifikasi" Tidak cukup ruang pada perangkat anda " padahal ruang penyimpanan anda masih tersedia banyak ruang penyimpanan anda masih tersedia banyak.dan cara mengatasi hal ini adalah


Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" di Android Saat Install Aplikasi:

Langkah Pertama adalah membuat penyimpanan default ke Kartu SD tujuanya agar saat install aplikasi akan langsung tersimpan diKartu SD.
1. Buka Pengaturan => Penyimpanan.
2. Lalu pilih Lokasi pemasangan yang disukai => Kartu SD.

Langkah Kedua pindahkan aplikasi yang tersimpan di Peyimpanan Sistem ke Kartu SD. Tujuannya agar tersedia ruang lebih banyak pada memori penyimpanan sistem sehingga tidak memicu timbulnya tulisan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat".
1. Pilih Pengaturan => Kelola Aplikasi.
2. Lalu pilih Diinstal pada tab bagian atas.
3. Nah,, disana anda akan melihat begitu banyak aplikasi yang sudah diinstal. Sekarang pindahkan beberapa aplikasi ke ke Kartu SD. Misalnya saya pilih Cymera => Pindah ke SD.Begitu seterusnya dengan aplikasi lainya.

                                                   

Catatan : Cara ini menggunakan hp oppo joy r1001. Untuk hp dengan merk lain supaya bisa menyesuaikan karena tidak semua jenis hp mempunyai menu yang sama dan dalam langkah ini memang ada beberapa alikasi yang memang tidak bisa dipindahkan seperti BBM, Chrome dan lainnya. Jadi pindahkan saja mana yang bisa.

Sekarang lihat !! yang tadinya saya tidak bisa install instagram karena adanya peringtan "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" sekarang sudah bisa karena telah melakukan langkah diatas.



Jika langkah diatas sudah dilakukan seharusnya anda juga sudah bisa install aplikasi karena tidak akan ada lagi kata peringatan tidak cukup memori pada perangkat saat instal aplikasi di playstore pada hp smartphone android anda. Jika masih tidak bisa sebaiknya dikurangi saja pemakaian aplikasi yang tidak penting dan  hapus semua cache yang telah menumpuk atau cara satu-satunya adalah mereset / memformat hp anda sehingga akan kembali lagi seperti awal. Baca disini Cara Format Hp Android Supaya Bisa Bagus Lagi.

Disarankan juga untuk install aplikasi Clean Master yang bisa didapatkan di play store. Clean Master ini gunanya untuk membuang cache/sampah-sampah yang ada pada smartphone anda, selain itu dengan mudah dapat mengatur penggunaan memori.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.